Jenis Formulir Verval NUPTK (A01, A02, A03, A04)

July 5, 2013 by   - dibaca 1,265 kali
Leave a Comment

PrintIconXJenis Formulir Verval NUPTK (A01, A02, A03, A04)~Seiring dengan telah dirilisnya program PADAMU NEGERI serta telah ditetapkannyajadwal pemetaan mutu pendidikan 2013, para PTK yang telah memiliki NUPTK diseluruh Indonesia mulai disibukkan dengan kegiatan yang terkait dengan proses VERVAL NUPTK, yaitu mengunduh dan mencetak formulir-formulir untuk proses VERVAL NUPTK tersebut. Namun dari beberapa guru yang bertanya kepada saya, saya menyimpulkan masih banyak PTK yang belum memahami jenis-jenis formulir yang telah mereka unduh dan cetak sesuai dengan status NUPTK yang mereka miliki. Ada yang bertanya kenapa saya memperoleh formulir dengan jenis A02 ? Kenapa saya memperoleh formulir A03 ? Atau kapan formulir saya berubah menjadi A01 ? dst.

Pada kesempatan kali ini layananpt.wordpress.com akan menjelaskan Jenis Formulir Verval NUPTK (A01, A02, A03, A04) agar bapak/ibu guru yang antusias untuk mensukseskan proses VERVAL NUPTK 2013 ini dapat memahami jenis dari formulir tersebut. Adapun jenis formulir tersebut adalah sebagai berikut :

  1. A01. Formulir ini adalah yang diterbitkan untuk PTK yang telah memiliki NUPTK, dimana sekolah induknya sama dengan sekolah dimana PTK tersebut bertugas saat itu DAN sekolah induk tersebut telah memiliki NPSN. Setelah diunduh dan diisi lengkap, langkah selanjutnya PTK menyerahkan formulir A01 yang telah ditanda tangani kepala sekolah dan distempel serta dilengkapi berkas yang disyaratkan kepada Admin sekolah untuk diverifikasi dan Admin sekolah akan menerbitkan bukti VERVAL LV.1.
  2. A02. Formulir ini adalah formulir yang diterbitkan untuk PTK yang telah memiliki NUPTK, namun sekolah induk yang terekam di database NUPTK dan ditampilkan pada sistem PADAMU NEGERI berbeda dengan sekolah induk dimana PTK tersebut bertugas saat ini DAN sekolah dimana PTK bertugas sudah memiliki NPSN. Setelah formulir A02 ini diisi dengan lengkap, dan dilengkapi berkas kelengkapan serta tanda tangan dan stempel basah sekolah, selanjutnya formulir ini harus diserahkan kepada Admin Kota/Kabupaten untuk dilakukan proses verifikasi dan validasi. Proses VERVAL Admin dinas kabupaten/kota akan menghasilkan formulir A01 yang akan diserahkan kembali ke PTK bersangkutan. Langkah selanjutnya sama dengan poin 1.
  3. A03. Formulir ini adalah formulir yang diterbitkan untuk PTK yang telah memiliki NUPTK dimana sekolah induk yang terekam didatabase NUPTK dan ditampilkan pada sistem PADAMU NEGERI telah sama dengan sekolah dimana PTK tersebut bertugas saat ini tetapi atau sekolah induk PTK tersebut berbeda dengan tempat bertugas saat ini DAN sekolah dimana PTK bertugas saat ini tidak memiliki NPSN. Setelah formulir A03 ini diisi dengan lengkap, dan dilengkapi berkas kelengkapan serta ditanda tangani dan stempel basah sekolah, selanjutnya formulir ini harus diserahkan kepada Admin Kota/Kabupaten untuk dilakukan proses verifikasi dan validasi. Proses VERVAL Admin dinas kabupaten/kota akan menghasilkan formulir A01 yang akan diserahkan kembali ke PTK bersangkutan. Langkah selanjutnya sama dengan poin 1.
  4. A04.  Formulir ini akan diterbitkan untuk PENGAWAS. Selanjutnya PENGAWAS harus mengisi formulir A04 dan melengkapi berkas yang disyaratkan dan menyerahkan kepada Admin kabupaten/kota untuk dilakukan VERVAL. Propses VERVAL Admin kabupaten/kota akan menerbitkan bukti VERVAL LV.1.

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis formulir VERVAL. Semoga informasi ringkas ini memberi pencerahan kepada PTK yang akan melakukan VERVAL NUPTK 2013.

Komentar Anda?

  1. 5 July 2013 at 11:42 pm

    bagaimana dengan formulir verval 2 pak..sya ksulitan mencari formulirnya..sedangkan untuk mengisi format EDS pada aplikasi tdk bs,di karenakan EDSnya tdk dpt di buka….mhon sarannya

  2. 6 July 2013 at 10:08 pm

    Verval Lv. 2 bisa dilanjutkan setelah selesai menjawab EDS dan mengisi data rinci PTK, setelah itu PTK bisa mencetak pengajuan untuk menuju k Verval Lv.2. Biasanya jika EDS tidak bisa dibuka itu dikarenakan server padamu yang error/gangguan sehubungan dengan perbaikan sistem.
    Terima kasih atas komentarnya :-)

Komentar Anda?